Jumaat, 11 Januari 2013

jual vespa lambretta

Assalammualaikum,

Mau Jual LAMBRETTA STARSTREAM 125, kondisi :

- BODY KALENG ( hampir gak ada dempulnya )
- CAT SPIES HECKER ( two tone )
- MESIN KENCENG alias NGACIIRR
- ASESORIS BISA LIHAT FOTONYA


" TAMPAK DEPAN + TAMPAK BELAKANG "
 

" TAMPAK SAMPING "
 

" TAMPAK MESIN + BOX "
 

" TAMPAK DECK BAWAH (tanpa dempul, masih original) "
 


KALO MAU DENGERIN MESIN+LIAT VIDEO NYA : http://youtu.be/4_RvPR1zEt8

CALL : 08578277 8000 PIN BB 2264376D (ma'af buat yg sms)

LOKASI : KBN.JERUK, JAKARTA BARAT

Rabu, 9 Januari 2013

Di Jual Vespa


Vespa endog 1964



Vespa endog 1964  - ImageVespa endog 1964  - ImageVespa endog 1964  - Image
lokasi:jawa tengah salatiga
VESPA 1964
Mesin Oke
Body masih kenceng
Surat menyurat Lengkap
full variasi
harga Rp. 15.500.000
Cod Salatiga

Phone 085 22 99 33 888



Vespa VBB 1964

Vespa VBB 1964  - Image
wonosobo
Jual cepat:
Vespa VBB 1964(istimewa)
Mesin utuh,rapi,tidak berisik(diluar kebutuhan konsumtif,semua masih original)
Body tanpa keropos,lempeng dan baru sekali repaint.
Pajak baru diperpanjang bulan 08-2012.
Lokasi: wonosobo-jateng.
Cp : 085879810353
Pin: 29E952C4
*harga diatas adlh harga pembuka,silahkan ajukan penawaran,.saya respon jika penawaran anda sesuai menurut saya.
Τнänκ (∩_∩) чoü..

Vespa Sprint - Semarang

Vespa Sprint  - Semarang  - Image
Vespa Sprint  - Semarang  - Image
Vespa Sprint  - Semarang  - Image
Permisi gan langsung aja yaa .
Ane Mau Bantu Jual Vespa Sprint th.'78 temen ane yang BU ni gan . barang kesayangan yg sebenernya eman" buat di jual :(

Alasan Jual :

- buat ongkos ane KKL gan :(

kondisinya :

- Mesin masih Istimewa 
- Siap Touring 
- Masih utuh gan
- Masih Mulus

Kelengkapan :
- Vespanya pasti 
- Surat-suratnya komplit dong
- Nomer Rangka dan Nomor mesin tembus 
- Velgnya
- Knalpotnya 

Plusnya :
- Cat masih baru lho
- No Ding
- tutup velgnya masih baru 

Minusnya :
- STNKnya mati gan
- uda saatnya ganti komstirnya, tp murah kok gan

Harganya ane buka dari Rp. 3.500.000
Silahkan di nego tp gak pake sadis ma tega ya gan :D

Kalo suka / minat lgsg calling / samperin tmn ane aja gan 

SMS : 085640713393
COD : Depan Mesjid Agung Semarang

Vespa ndox63

Vespa ndox63  - Image
demak
dijual cepat.kondisi siap pake.brg istmwa.085742207288

Vespa VBB th 61 Biru Metalic

Vespa VBB th 61 Biru Metalic  - Image
Vespa VBB th 61 Biru Metalic  - Image
Vespa VBB th 61 Biru Metalic  - Image
dijual Vespa vbb 61 warna biru Metalic
1.Surat-surat lengkap Bpkp + Stnk Hidup
2. Handgrip Granturismo Asli
3. Ring Lampu Siem
4. Spedometer Ngak Ori
5. Cat Mulus
6. Mesin OKE

Barang posisi ada di Semarang
Harga Rp 25.000.000 Nego

Minat Hub 081225666308

Vespa vbb 1964 dan bonus 1 mesin vespa 1962

Vespa vbb 1964 dan bonus 1 mesin vespa 1962  - Image
Vespa vbb 1964 dan bonus 1 mesin vespa 1962  - Image
Vespa vbb 1964 dan bonus 1 mesin vespa 1962  - Image
brebes
Permisi bos,saya mau jual vespa endog/telor/vbb tahun 1964 komplit tapi pajak mati.
dan juga gratis mesin tahun 1962 taoi cuma bpkb aja bos.
nego tipis,hehe
alamat saya brebes jawa tengah

kalo minat hubungi saya bos 085742225533

Vespa vnb tahun 1966 125 cc

Vespa vnb tahun 1966 125 cc  - Image
surakarta
di jual vespa vnb 6 tahun 1966 125 cc, pajak hidup, kondisi masil original, body set original, pernik original kecuali stoplem belakang. nomor polisi cantik. minat hubungin 085641205121

Jumaat, 4 Januari 2013

kilas sejarah vespa


Vespa 1946

Sejarah Vespa (Berdiri: 23 April 1946) dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya 1884. Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Bisnis Rinaldo dimulai peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.
Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah. Enrico memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakat Italia. Kemudian bergabunglah Corradino D'Ascanio (sudah bekerja pada Piaggio sejak 1932), Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya Piaggio.


Enrico Piaggio

D'Ascanio membuat rancangan yang simple, ekonomis, nyaman dan juga elegan. D'Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah "Monocoque" atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.


Corradino D’Ascanio, Sang Perancang Vespa

Maka pada 1945, konstruksi alternatif tersebut ditemukan. Awalnya memang sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur. Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya, pabrikan yang kala itu masih terbilang sebagai usaha ''Kaki Lima'' merancang papan penutup kaki pada bagian depan. Proyek ini langsung dipimpin oleh Corradino D'Ascanio. Karena itu, hak paten pun segera dapat mereka kantongi.
Hasilnya, muncullah pertama kali produk motor dengan seri MP5. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik, bagai binatang penyengat (lebah/tawon) karena bentuk kerangkanya. Namun, karena bentuk penutup pengaman yang bagai papan selancar itu, sejumlah pekerja di pabrik Piaggio pun bahkan mengatakannya sebagai motor "Paperino". Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck (bebek). Maka, D'Ascanio pun putar akal untuk memperbaiki model tersebut.


Vespa MP5 Tahun 1943

D'ascanio hanya membutuhkan beberapa hari untuk mengonsep ulang bentuk desain kendaraannya dan prototipnya diberi nama MP6. Saat Enrico Piaggio melihat protototip MP6 itu, ia secara tak sengaja berseru "Sambra Una Vespa" (terlihat seperti Tawon). Akhirnya dari seruan tak sengaja itu, diputuskan kendaraan ini dinamakan 'Vespa' (tawon dalam bahasa Indonesia). Pada April 1946, prototip MP6 ini mulai diproduksi masal di pabrik Piaggio di Pontedera, Italia. Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu.


Gambar Teknis Scooter 98 cc Tahun 1946


Vespa MP6 Tahun 1946

Penerimaan dunia pada Vespa awalnya tidak begitu baik, sampai akhirnya pada 1947-1948 dengan Vespa 125, dunia mulai mengenal Vespa secara luas dan sukses secara komersil.
Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India, selain di pasar domestik produk ini laku bagai kacang goreng. Selain itu, India pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.
10 tahun setelah muncul yaitu tahun 1956, pabrik di Pontedera mencapai produksi ke sejuta. Hingga kini ada 17 juta lebih Vespa dalam 130 versi di seluruh dunia. Vespa menjadi bintang dalam sejarah transportasi, design, design yang unik dan out of the box memberikan manfaat dan simbol keleluasaan, fashion dan kreativitas
Pada saat itu banyak negara lain yang mencoba membuat produk serupa, tetapi ternyata mereka tak sedikit pun mampu menyaingi Piaggio. Di antara pesaing itu adalah LambrettaHeinkelZundapp, dan NSU. Bagi masyarakat Indonesia, produk Lambretta dan Zundapp, sempat populer di era 1960-an. Selidik punya selidik, fanatisme terhadap Vespa ternyata muncul akibat ciri dasar bentuk motor ini yang selalu dipertahankan pada setiap produk berikutnya. Bahkan saat mereka terbilang melakukan ''revolusi'' bentuk pada produk baru, Vespa 150 GS, kekhasan pantat bahenol masih terasa melekat.
Produk 150 GS, kala itu dikenal sebagai Vespamore dan hampir selalu tampil di tiap film tahun 1960-an, memang kemudi dan lampu sorotnya mulai dibuat menyatu. Tetapi, secara keseluruhan apalagi bentuk pantatnya, benar-benar masih membulat. Dan cerita terus berlanjut saat ini dengan model generasi baru Vespa, mempersembahkan Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo dan Vespa PX150. Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang Italia.

Sekilas Tentang Vespa Sprint

                        



Lahirnya Vespa Sprint dalam medio dekade 1960’an sebagai salah satu varian scooter produksi Piaggio, terbilang cukup mencuri perhatian para scooterist di seluruh dunia. Dengan penampilan awal yang hampir menyerupai Vespa Grand Lux, Vespa 150 Sprint hadir seakan ingin melanjutkan semangat kebebasan generasi 1960’an kepada genarasi 1970’an dalam hal berkendaraan scooter tanpa harus kehilangan sentuhan stylish namun tangguh.
Hampir setiap sudut penampilan Vespa 150 Sprint diperbesar dari vespa umumnya keluaran dekade 1960’an (VNA/VNB/VBB/VBC). Memiliki ukuran ban lebih lebar (3.50X10”), box dikedua bagian kiri kanannya serta spakbor yang lebih besar dibandingkan vespa kelas super menjadikan scooter ini tampil lebih unggul dan gagah dibandingkan dengan sekelasnya (150cc).
Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat Vespa 150 Sprint seakan ingin menghidupkan kembali nuansa Vespa GL dalam bentuk lain di era 1970’an namun dengan harga yang terjangkau. Bahkan beberapa pendapat mengatakan bahwa vespa serie ini merupakanspec-drop dari Vespa GL.
Didukung oleh strategi pemasaran khas vespa, sepertinya Piaggio cukup berhasil dalam penjualan produksi vespa serie sprint, hal ini mengingat dalam variant tersebut sempat dikeluarkan dua jenis dimana keduanya memiliki perbedaan-perbedaan yang nyata dari segi penampilan maupun ketangguhan mesinnya.
Vespa 150 Sprint
Dikeluarkan pada tahun 1965 hingga 1974, Vespa 150 Sprint merupakan generasi awal dari serie ini. Menggunakan salah satu keluarga mesin klasik 145.55 cc dengan penambahan cukup signifikan dalam hal kekuatan yaitu melalui besaran daya angkut yang diselaraskan dengan kecepatannya.
Kerangka body Vespa 150 Sprint sama dengan produk untuk Vespa GL, namun dengan sentuhan warna baru yakni silver metalik. Di sayap (fender) bagian kanan tersemat kataVespa Sprint tersusun miring dua baris dengan style italic handwritting terbuat dari sejenis campuran alumunium yang berefek kebiru-biruan. Begitupun halnya dengan kata dibagian belakang, tertulis 150 Sprint tersusun miring satu baris yang berbahan serta material sama seperti bagian depan dan terletak agak diatas lampu bagian belakang.
Terdapat striping lurus terbuat dari alumunium pada bagian spakbor depan, box bagasi dan box mesin yang sejajar di kiri kanannya. Dengan kunci stang berbentuk oval, Vespa 150 Sprint menggunakan 2 jenis jok sesuai dengan permintaan yaitu model jok (sadle) ganda (pengendara dan penumpang) berwarna biru tua maupun dan jok panjang (single-seater).
Adapun bagian-bagian yg berlapis krum adalah baut gagang rem depan dan gagang kopling, klakson, rumah lampu belakang, ring lampu depan, kunci stang, tutup kunci stang dan kunci tutup box bagasi. Lapisan berwarna seng terdapat pada bagian-bagian seperti standar, shock bagian depan, seluruh baut dan mur serta tutup bak kopling.
Sementara itu bagian yg beraksen posfor meliputi shock bagian belakang termasuk per, baut dan murnya, serta per bagian depan. Sentuhan metal halus terdapat pada bagian gagang rem depan dan kopling, pedal rem belakang, gantungan barang, kuku macan, jengger depan, selahan, kunci (pengkait) box mesin, gagang kran bensin, dan lis sayap depan. Bagian yg bernuansa stainless adalah rumah saklar dan lis karpet tengah yang terbuat dari karet.
Dengan stang (handlebar) model kotak seperti GL dan Super serta speedometer oval, adapun nomor serial body Vespa 150 Sprint terukir dibagian kiri dibawah box bagasi dengan kode VLB1T 1001-VLB1T 1205477 dan nomor mesin di bagian paha ayam mesin dekat pipa saluran knalpot diawali dengan kode VLB1M. Bagian-bagian lain yg memiliki warna berkesan alumunium meliputi velg, tromol depan dan belakang, tutup kipas, fork depan. Sementara itu warna lapisan anti karatnya adalah abu-abu.
Vespa 150 Sprint Veloce
Diproduksi antara tahun 1969 hingga 1979 mesin Vespa Sprint 150 Veloce dirancang lebih dahsyat ketimbang Vespa 150 Sprint. Dimana salah satunya adalah dengan ditanamkannya karburator berukuran 20/20 dan saringan karburator yang diperbesar.
Perubahan lainnya adalah pada knalpot yg lebih besar sehingga menghasilkan suara berbeda dari serie sebelumnya. Dengan top speed mesin mencapai 97km/h, ukuran body Vespa 150 Sprint Veloce sama dengan Vespa 150 Sprint. Veloce memiliki model baru dalam bentuk lampu depan yang membulat dengan lingkaran 130mm dan dilindungi oleh ring lampu beraksen krum. Terdapat lampu kecil yang tersambung dengan lampu depan, berwarna hijau dikelilingi oleh ring alumunium di stang bagian atas speedometer.
Speedometerpun mengalami perubahan yang kontras dibandingkan dengan Vespa 150 Sprint. Speedometer veloce dirancang sama dengan model Vespa Super serie terakhir yang berbentuk lebih kecil (clamshell), mempunyai warna putih fascia dengan maximum angka tertera 120 km/h.
Sama halnya dengan Vespa 150 Sprint, veloce memiliki logo model baru yang berbentuk hexagonal (cung) tersematkan didepan mengganti logo P/ seperti serie vespa keluaran sebelumnya.
Dengan tidak menyertakan kembali striping alumunium yang terdapat pada spakbor depan dan box kiri-kanan. Pada awal produksinya, model handgrip veloce berwarnaabu-abu terang dengan lambang Piaggio hexagonal didalamnya. Pada saat perjalanan produksi warna handgrip diganti hitam juga speedometer dan karet box kiri-kanannya.
Lampu belakang yang berbentuk kotak besar seakan menyembul dari body bagian belakang berwarna merah menyala dengan reflector menyatu didalamnya dan dilindungi oleh tutup yang terbuat dari bahan plastic pada bagian atasnya dengan warna senafas warna body.
Pada perkembangannya motif tulisan bagian depan dan belakangpun ikut berubah. Tulisan vespa bagian depan menggunakan font yang lebih tegas beraksen krumdimana setiap hurufnya seakan disatukan oleh plat yang berbintik halus dan berwarnahitam dengan posisi horizontal. Sementara itu pada bagian belakang tertulis vespa v.beraksen krum ter-emboss yang dibingkai dengan bentuk segi empat memanjangdimana dasar dari tulisan tersebut berwarna hitam berbintik halus dengan posisi horizontal. Adapun bahan dan material dari pada tulisan tersebut sama dengan serie sebelumnya.
Lapisan krum terdapat pada bagian-bagian yang antara lain ring lampu depan, tutup kunci stang dan kunci box bagasi. Lapisan beraksen seng terdapat pada bagian standar, shockbreaker dan per bagian depan, baut dan mur, dan tutup bak presneleng. Aksen phosfor menghiasi shock bagian belakang (termasuk per, baut dan mur), per standar dan mur baut bagian mesin. Kesan warna metal halus terdapat pada gagang rem depan dan kopling, pedal rem belakang, gantungan barang, jengger spakbor, selahan, kunci box mesin, kuku macan dan puteran kunci tangki. Sementara itu lapisanstainless terkesan pada rumah saklar dan lis karpet karet tengah.
Adapun nomor serial body Vespa 150 Sprint Veloce terukir dibagian kiri dibawah box bagasi dengan kode VLB1T 0150001-VLB1T 0368119. Pada perkembangannya seiring dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada beberapa bagian sebagaimana tersebut diatas, nomor serial body pindah posisi ke sebelah kanan box mesin sama seperti produk-produk piaggio era 1980’an.
Namun demikian nomor mesin tetap berada di bagian paha ayam mesin dekat pipa saluran knalpot. Bagian lain yg memiliki warna alumunium adalah velg, tromol, tutup kipas, fork depan, dan warna lapisan anti karatnya adalah abu-abu.
Seiring dengan warna-warninya kehidupan generasi 1970’an yang dikenal denganflower generation, Piaggio menangkap semangat ini melalui pengaplikasian warna-warna cerah dalam produk Vespa 150 Sprint Veloce. Apabila pada Vespa 150 Sprint hanya tersedia satu warna saja (silver metalik), tidak demikian halnya dengan Vespa 150 Sprint Veloce.
Veloce dari tahun ke tahun memiliki option warna yang berbeda-beda antara lain sebagai berikut: 1969-1970 warna silver metalik, 1970-1971 biru, 1971-1972 metalik putih rembulan, 1972-1973 merah, 1973-1975 hijau ascot, 1975-1976 hijau valombrossa, 1976-1979 biru marine dan abu-abu polaris.
Head To Head
Berikut ini adalah perbedaan spesifikasi yang menyertai Vespa 150 Sprint dengan Vespa 150 Sprint Veloce:
  • engine: single cylinder, 2-stroke
  • cylinder: bore 57,0 mm
  • piston stroke: 57,0 mm
  • cubic capacity: 145.45 cc
  • bhp at rpm: 2/4800
  • lubrication: 2%
  • carburetor: Dell’Orto SHB 16/10
  • gears 4
  • chassis: one-piece metal pressing
  • Tank Capacity: 7,7litres (1.97 US gallons)
  • mileage: 2,1l/100Km (112mpg)
  • tires: 3.5 x 10″
  • weight: 89 kg (172lbs)
  • max. speed: 94 km/h (57mph)
  • Engine scheme: VLB1M
  • VIN scheme: VLB1T 1001-1205477
  • engine: single cylinder, 2-stroke
  • cylinder bore: 57 mm
  • piston stroke: 57 mm
  • cubic capacity: 145.45 cc
  • bhp at rpm: 8/5000
  • lubrication: 2%
  • carburetor: Dell’Orto SI 20/20
  • gears: 4
  • chassis: one-piece metal pressing
  • Tank Capacity: 7,7litres (2 US gallons)
  • mileage: 2,08l/100Km (113mpg)
  • tires: 2.75 x 9″
  • weight: 89 kg (178lbs)
  • max. speed: 97km/h (59mph)
  • VIN scheme: VLB1T 150001-368119
Kesimpulan
Dengan sentuhan menyerupai Vespa GL yang dimodifikasi sana-sini dari serie-serie vespa sebelumnya, maka kehadiran Vespa 150 Sprint maupun Vespa 150 Sprint Veloce telah memperkaya khazanah vespa baik di luar maupun di dalam negeri. Perubahan serta modifikasi itulah pada kelanjutannya menjadikan vespa serie sprint sebagai salah satu varian yang menjadi primadona produk Piaggio di era 1970’an dengan harga terjangkau dibandingkan dengan serie-serie khusus lainnya pada saat itu.
Saat ini serie sprint apabila dibandingkan dengan serie terjangkau lain yang seusianya (mis. Vespa Super) sedikit demi sedikit telah menghilang dari peredaran. Banyak peminat dari luar negeri yang menginginkan vespa serie tersebut dengan berbagai tambahan modifikasi untuk di re-export. Mengingat secara fisik sangat sesuai dengan postur kebanyakan orang-orang Eropa maupun Amerika. Tugas kitalah para scooterist di negeri tercinta ini untuk menjaga populasinya,

Meskipun Tua Tapi Aku Cinta.. !!


Meskipun Tua Tapi Aku Cinta.. !!


Tidak ada yang istimewa dari tulisan ini, mungkin bagi siapapun yang membaca, namun bagi saya pribadi ini adalah suatu hal yang sangat-sangati istimewa, Motor butut dengan penampilan yang lugu dan tidak ada yang patut dibanggakan dari sisi tampilan apalagi model-nya, bahkan jarang anak muda yang mau mengendarai motor jenis ini, kecuali memang mereka yang benar-benar penyuka motor-motor jenis vespa ini. Sebenarnya motor ini dulu tidak berujud seperti ini, hanya karena sebuah kecintaan dan di dorong oleh rasa suka dan sayang terhadap sepeda motor inilah yang menjadikan sepeda motor ini bisa berujud seperti ini, pertama kali motor ini resmi menjadi milik saya kurang lebih pada 10 tahun yang lalu, yaitu sekita tahun 2000-an. Walau sebenarnya motor ini tahun pembuatan dan perakitannya lebih tua 3 tahun dari tahun lahir saya.. h.e.he. berarti jika di hitung usia motor ini sudah 38 tahun per 2010 ini. Lumayan berumur..
Dulu motor ini berujud seperti ini, namun setelah kembali di rubah biar keliatan cerah tampak tampil lebih muda warna-nya dan kesannya jauh lebih segar, disisi lain dari tongkrongan-nya jauh lebih manis dari pada warna yang lalu. Begitu lamanya motor ini menyertai saya sehingga ada beberapa rekan ingin memilikinya dengan sangat terpaksa tidak saya luluskan, maaf karena sudah begitu cinta-nya saya, kalo orang jawa bilang “Joko Loro” motor yang pertama kali mampu saya beli dengan keringat sendiri, sudah menjadi bagian dari sebuah perjalanan hidup saya. Sehingga sayang jika harus dimiliki orang lain. Sudah begitu banyak jasa motor ini bagi saya pribadi, h..ehe.he.h.eh. Sepeda motor type Vespa Super keluaran dan perakitan tahun 1972 produksi Italy ini, cukup tangguh dan lumayan mudah perawatannya, sehingga meskipun usia sudah menginjak tua masih normal dan enak di kendarai; bahkan Vespa ini sudah terlalu sering untuk menyertai touring Blitar – Yogyakarta PP. Yang pasti agar kendaraan tua macam vespa seperti milik saya ini selalu siap pakai dan tidak bermasalah selama di perjalanan adalah kita harus telatan dalam merawat-nya, perawatan yang kontinue dan telatan tentunya akan menjadikan motor kita awet dan tidak bermasalah ketika kita kendarai.
Tips sederhana yang dapat kita lalukan adalah sebagai berikut :
  1. Ganti oli + servis mesin tiap 1500 km. (kalo ditanya mau ganti oli apa,bilang aja oli biasa).
  2. Selalu cek tali kopling + tali gigi.Karena motor vespa paling sering bermasalah sama kedua tali itu apalagi jika sampai putus dijalan,maka akan repot sekali harus mendong motor tersebut,jika sudah merasakan kendor/susah dimasukkan ke netral,segera bawa ke bengkel untuk disetel.
  3. Kalau motor vespa susah hidup dan jika hidup lalu mati,selalu ingat untuk cek businya.Dan untuk berjaga-jaga bawalah busi cadangan minimal 2 dan juga bawa kunci busi untuk membuka businya. Kalau bukan busi yang bermasalah,mungkin kabel bensinya sudah kotor dan berkerak sehingga harus diservis ke bengkel.
  4. Oli campur untuk bensin.Ingat!jangan memakai oli yang sembarangan.Kalau pakai oli yang palsu atau tidak jelas asal-usulnya jangan dipakai, karena itu yang dapat membuat motor vespa turun mesin. Dan juga jangan beli bensin di pinggir jalan. Selalu lah untuk beli di SPBU. Oli campur yang disarankan adalah Top 1 dan castrol, mesran produksi pertamina juga recomended sebagai oli campur.
  5. Knalpot, jika motor vespa anda bunyinya lain, itu harus segera ganti/bobok knalpot oleh yang ahli. Gejala itu biasa mungkin jangka waktunya sekitar 8 bulan.Itu terjadi karena penumpukan oli campur tadi di knalpot.
  6. Ban cadangan,selalu ingat dan pelajarilah cara untuk membuka ban vespa.Karena kalau bocor itu repot sekali dan motor itu berat. Ingat dalam mengganti ban,jangan biarakan salah satu body terkena aspal,karena itu dapat membuat body motor anda sobek. Gunakan batu/kayu sebagai penopangnya…
  7. Rem, jika menurut anda rem sudah tidak bekerja lagi, cepatlah bawa ke bengkel.
Itu tips sederhana dan mudah yang dapat kita lakukan untuk merawat vespa kita agar senantiasa siap pakai dan tidak rewel diperjalan, dan yang paling penting adalah harus selalu dipersiapkan kunci-kunci dan alat-alat yang membantu kita jika sewaktu-waktu terjadi apapun diperjalanan. Demikian semoga bermanfaat terima kasih.